Skip to content

Patuh Pengobatan, Nutrisi Adekuat serta Dukungan Sekitar Kunci Keberhasilan Pengobatan

WhatsApp Image 2024-02-29 at 15.24.50 (1)
Staff Program SSR melakukan dialog bersama dengan pasien TB RR/MDR

Rabu, 28 Februari 2024 di Poli TB RS PMDT Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara, SSR MSI Kab. Banjarnegara melaksanakaan Pertemuan Dukungan Pasien TBC RR/MDR. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Tim SSR (Staff Program dan Staff Finance and Administration, MK Kabupaten, MK TB RO, Patient Supporter (PS), Penyintas TB RR/MDR, Tim Poli TB RO RS PMDT, Pasien, dan keluarga pasien yang didampingi dan sedang menjalani pengobatan.

Pada kesempatan tersebut, Staff Program SSR MSI Kab. Banjarnegara memandu kegiatan. Kegiatan ini memfasilitasi pasien dan penyintas TB RR/MDR dalam berbagi informasi, kendala pengobatan, dan motivasi untuk mendukung pengobatan yang adekuat.

Pada kesempatan yang spesial ini, SSR mengundang salah satu pasien pendampingan yang telah sembuh.  Tn. Z (28 tahun) memberikan sharing terkait pengalamannya selama menjalani pengobatan TBC. Beliau menyampaikan bahwa TBC RO dapat sembuh. Setelah sembuh dari penyakit TBC, beliau bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Beliau juga menyampaikan bahwa kunci kesembuhan terdiri atas kepatuhan pengobatan, nutrisi yang kuat, serta dukungan sekitar. Beliau menyampaikan bahwa adanya SSR MSI sebagai komunitas yang peduli TBC memiliki peran penting dalam perjalanan pengobatannya. Selain diskusi tersebut, terdapat perkembangan status pengobatan dan progress pendampingan sejak terdiagnosis dari setiap pasien yang didampingi, progress pendampingan sejak terdiagnosis, tantangan implementasi beserta alternatif solusi dalam kegiatan pendampingan, dan pemberian enabler bersama Tim TB RS PMDT penguatan dari intervensi pendampingan yang secara rutin telah dilakukan oleh MK dan PS setiap bulan sejak pasien terdiagnosis dan selama pengobatan.

Semoga kolaborasi yang dijalankan SSR, RS PMDT, dan mantan pasien terus membawa manfaat untuk masyarakat Kabupaten Banjarnegara khususnya yang sedang menjalani pengobatan. Tn. Z merupakan contoh riil bahwa TBC RO dapat sembuh. Yuk semangat, yuk bisa yuk, Bapak/Ibu pasien pasti akan menyusul untuk sembuh!

TOSS TBC! Komunitas Sehat & Berdaya, Ayo Bersama Akhiri TBC!

Penulis: Saroh, S. Kep

Bagikan Artikel

Cermati Juga