Skip to content

Country Team The Global Fund Menilik Program Eliminasi TBC di Indonesia

DSC06270

Perlu diketahui bersama bahwa pada tahun 2024-2026 Indonesia kembali mendapatkan dukungan The Global Fund untuk melanjutkan program pencegahan dan penanggulangan HIV, TBC, dan Malaria, serta memperkuat RSSH dengan total dukungan sejumlah USD 309,743,581 ditambahkan dengan pendanaan untuk C19RM sejumlah USD 26 juta. Implementasi dukungan tersebut dilaksanakan oleh 8 penerima hibah utama atau Principal Recipient (PR) hibah Global Fund tahun 2024-2026 salah satunya untuk komponen TBC yaitu PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Muhammed Yassin membaca factsheet yang berisi kerja komunitas selama 2021-2023

Untuk mengetahui perkembangan capaian program TBC yang didukung dengan hibah Global Fund dan melihat pelaksanaan di lapangan, Country Team Global Fund melaksanakan site visit ke Jakarta, Jawa Tengah (Kota Semarang), dan Jawa Timur (Kota Surabaya) pada tanggal 24 Januari 2024 dan 26-29 Januari 2024. Di Jakarta, Country Team berkunjung ke RSPI Prof. Sulianti Saroso untuk melihat perkembangan program TBC di fasilitas kesehatan, termasuk layanan TBC RO, implementasi regimen BpaL/M, TPT, TB HIV dan lab.  (WGS) di Rumah Sakit, serta menyapa dan berdiskusi dengan pasien supporter dan pasien TBC.

Sambutan Direktur RSPI Prof. Sulianti Saroso

Visitasi The Global Fund di RSPI Prof. Sulianti Saroso dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Kegiatan yang melibatkan banyak pihak tersebut seperti Dinas Kesehatan Jakarta, Komunitas, TWG TB, CCM, pihak Rumah Sakit dan Kementerian Kesehatan RI dibuka dengan sambutan dari direktur utama RSPI dr.Alvin Kosasih, Sp.P, MKM. Sambutan juga disampaikan oleh Country Team The Global Fund Muhammed Yassin. Dalam sambutannya, Muhammed Yassin sangat antusias dengan sambutan yang diberikan oleh seluruh pihak Rumah Sakit dan jajarannya. Beliau pun berpesan bahwa semoga seluruh program TBC yang dilaksanakan pada grant cycle 7 dapat terlaksana dengan optimal dan mendukung terciptanya eliminasi TBC di Indonesia.

Country Team The Global Fund melihat ruang pelayanan pasien TBC SO

Setelah pemberian sambutan dan diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang pelayanan TBC di RSPI Prof. Sulianti Saroso. Country Team The Global Fund dengan didampingi oleh rumah sakit, komunitas, kemenkes dan mitra melihat bagaimana implementasi pelayanan pasien TBC.  Dalam kesempatannya, Country Team The Global Fund berkunjung ke ruang konseling pasien TBC RO, ruang pemeriksaan dan layanan TBC SO, ruang pemeriksaan dan layanan TBC RO, dan laboratorium.

Visitasi Country Team The Global Fund ke ruang layanan konseling pasien TBC

Di akhir kegiatan kunjungan, Muhammed Yassin berkesempatan untuk bertemu dan menyapa pasien TBC RO yang sedang mengambil obat di RSPI. Beliau juga berkesempatan untuk memberikan sertifikat sembuh kepada pasien TBC RO yang telah menyelesaikan pengobatan. Hingga saat ini, hibah The Global Fund memberikan andil besar dalam eliminasi TBC di Indonesia. Country Team The Global Fund tentunya memiliki harapan bahwa dengan dilanjutnya pemberian hibah kepada Indonesia dapat meningkatnya notifikasi kasus dan kesembuhan pasien TBC dalam pengobatan hingga selesai.

 

Bagikan Artikel

Cermati Juga