Skip to content

Kader Inisiatif Lampung Sehat bersama TB Rangers gelar Investigasi Kontak door to door

WhatsApp Image 2023-08-18 at 23.02.24

Bandar Lampung – Dalam rangka memerangi Tuberkulosis (TBC) dan mencapai Indonesia Zero TBC, Kader Inisiatif Lampung Sehat (ILS) wilayah kerja PKM Gedong Air bersama Mahasiswa/i TB Rangers , program magang Bakrie Center Foundation Batch 7  lakukan kunjungan pasien dan investigasi kontak di wilayah sekitaran perumahan Gedong Air Kec. Teluk Betung Barat, Bandar Lampung pada 18 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode door to door guna mendeteksi kasus TBC lebih awal, mencegah penyebaran, serta memutus mata rantai infeksi TBC di masyarakat sekitar.

Selama kunjungan, tim ILS bersama TB Rangers melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap warga yang memiliki potensi kontak dengan pasien TBC. Selain itu, disampaikan juga informasi edukatif mengenai tanda-tanda gejala TBC, cara penularan, pentingnya menjalani pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini, serta pentingnya kontrol rutin dikarenakan TBC merupakan penyakit yang dapat kambuh kembali. Langkah ini tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

Dalam wawancaranya, Ibu Sri, kader puskesmas Gedong Air, menyampaikan, “kegiatan kunjungan atau investigasi kontak ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang bertujuan untuk pemantauan terhadap pasien serta skrining dengan kontak erat di lingkungan sekitarnya, agar kita menemukan suspek yang akan dirujuk ke puskesmas Gedong Air” ucap Ibu Sri.

Di kegiatan tersebut,  salah seorang pasien TBC turut menceritakan pengalamannya. “Sebelumnya saya belum tau ini penyakit apa dan saya sudah berobat dimana-mana. Tapi, masih saja penyakitnya kambuh. Namun, setelah saya cek di puskesmas, saya baru mengetahui bahwa saya mengidap penyakit TBC.” Selain itu, beliau juga memberikan pesan kepada masyarakat sekitar yang belum menyadari tentang pentingnya TBC. “ Pesan saya yaitu pastinya berhenti untuk merokok, karena rokok salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit TBC.” tutur beliau.

Dengan adanya kegiatan kunjungan dan investigasi kontak yang melibatkan Inisiatif Lampung Sehat (ILS), kader dari puskesmas Gedong Air, serta masyarakat, diharapkan upaya pencegahan penyebaran TBC dapat tercapai serta terwujudnya Indonesia bebas TBC.

Bagikan Artikel

Cermati Juga