Skip to content

Rangkaian HTBS 2023 SSR PKBI Kota Yogyakarta gelar Seminar Infeksi Laten TBC [ILTB] dan TPT Menuju Sekolah Bebas TBC di Kota Yogyakarta

WhatsApp Image 2023-05-31 at 08.43.09

Yogyakarta, 29 Mei 2023 – Dalam rangkaian Hari TBC Sedunia SSR PKBI Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Infeksi Laten TBC [ILTB] dan Terapi Pencegahan TBC [TPT] bersama Guru Sekolah di Kota Yogyakarta Menuju Sekolah Bebas TBC di Kota Yogyakarta bertempat di Aula Kelurahan Ngampilan Kemantren Ngampilan Kota Yogyakarta.

SSR PKBI Kota Yogyakarta menyampaikan dari penyelenggaraan kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang dasar TBC dan ILTB, adanya pemahaman tentang terapi pencegahan Tuberkulosis, meningkatkan motivasi peserta untuk bersama-sama menemukan penemuan kasus dan ada jadwal pelaksanaan skrining di lingkungan peserta.

Dokter Lana Unwanah selaku Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan dalam paparan tentang Situasi Terkini TBC di Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa Pemerintah kota Yogyakarta sangat serius dalam melakukan upaya penanggulangan TBC, di tahun 2023 sudah ada Rencana Aksi Daerah yang baru dan sudah disahkan dengan Peraturan Walikota No.7 tahun 2023. Salah satu strategi peningkatan akses layanan TBC dengan melakukan skrining di sekolah-sekolah dan melibatkan komunitas seperti SSR PKBI ini yang mempunyai kader dalam melakukan investigasi kontak serta ada pemberian TPT yang diberikan kepada kontak serumah (memenuhi syarat) dengan pasien TBC. Dalam pemberian TPT salah satu tantangannya adalah karena pasien laten tidak memiliki gejala dan tidak merasa sakit. “Sangat mendukung pelibatan dari peserta semua untuk meningkatkan dan mengoptimalkan skrining dan penemuan pasien TBC” tutur Lana saat menutup sesi paparannya.

Materi Percepatan penemuan kasus yang berisi tentang Pengetahuan dasar TBC dan ILTB dan Pengetahuan TPT untuk anak dan dewasa dibawakan oleh dr. Astari Pranindya Sari, Sp.P, M.Sc salah satu Tim Pengajar ILTB di DIY. Dokter Astari memaparkan kepada seluruh peserta tentang bagaimana kondisi klinis pasien ILTB, bagaimana pemeriksaan untuk diagnosis ILTB serta pengobatan ILTB. Beliau menyampaikan “Infeksi laten menyebabkan masalah TBC tidak selesai-selesai maka penting untuk diberikan TPT agar pasien TBC laten tidak menjadi TBC aktif sehingga mendukung program nasional Eliminasi TBC 2030”.

Kegiatan ditutup dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut penyusunan jadwal sosialisasi dan skrining TBC di sekolah di bulan Juni dan Juli 2023 yang dipandu oleh Tim SSR TBC PKBI Kota Yogyakarta.

Bagikan Artikel

Cermati Juga