Skip to content

Pertemuan Pemangku Kepentingan untuk Pelaksanaan Hotspot TB “Sikat TB” di Kalasan Bergerak Bersama Meningkatkan Cakupan Penemuan Kasus dan Terapi Pencegahan TBC untuk Mendukung Eliminasi TBC 2030

WhatsApp Image 2023-06-09 at 09.12.57

Kamis, 8 Juni 2023 bertempat di Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman Sinergi Sehat Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Sleman, Kalurahan Tamanmartani, SR TBC Siklus Indonesia, dan Zero TB- FKKMK UGM mengadakan Pertemuan Pemangku Kepentingan untuk Pelaksanaan Hotspot TB “Sikat TB” di Tamanmartani Kalasan.

Masih dalam rangkaian Hari TBC Sedunia 2023, dengan tema “Ya! Kita Bisa Mengakhiri TBC!”, bertujuan menginspirasi harapan dan mendorong kepemimpinan tingkat tinggi, peningkatan investasi, pemahaman lebih cepat terhadap rekomendasi baru WHO, adopsi inovasi, percepatan aksi, dan kolaborasi multisektor untuk memerangi TBC. Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan peran serta masyarakat dalam penanggulangan TBC Kalurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan maka pertemuan dengan pemangku kepentingan ini mengambil tema “Bergerak Bersama Meningkatkan Cakupan Penemuan Kasus dan Terapi Pencegahan TBC untuk Mendukung Eliminasi TBC 2030”.

Primarendra selaku Program Officer SSR Sinergi Sehat Indonesia Sleman menyampaikan “Kegiatan hari ini sebagai persiapan pelaksanaan rangkaian kegiatan dukungan TBC Komunitas implementasi Mobile Rontgen Hotspot TB yang diberi Tajuk SIKAT TB yang akan dilakukan selama bulan Juni -Juli di pedukuhan Kalurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan, Sleman.”

Kegiatan hari ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr. Cahya Purnama, M.Kes beserta Kepala Bidang Bidang P2 Dinas Kesehatan Sleman dan jajarannya, Kepala Puskesmas Kalasan dan jajarannya, Lurah Kalurahan Tamanmartani Bapak Gandang Hardjanata beserta jajarannya, seluruh kepala dukuh se-Tamanmartani, seluruh TPK se-Tamanmartani dan kader di Kalurahan Tamanmartani.

dr. Cahya dalam sambutannya menyampaikan “SIKAT TB kepanjangannya adalah Sleman Sigap Kendali dan Atasi Tuberkulosis, yang merupakan layanan komprehensif multisektor untuk menjamin akses pelayanan pemeriksaan terduga TBC lebih efektif, efisien, setara dan aktif menjangkau keluarga rentan kurang mampu dengan sistem informasi digital.”

Hari ini juga dilaksanakan Bimtek untuk kader yang akan terlibat dalam kegiatan SIKAT TB dengan materi penyuluhan/Community Outreach dan penggunaan Aplikasi SITK Mobile oleh Koordinator Program SR TBC Siklus Indonesia DIY.

dr. Nurholis dalam paparan yang dibawakan Rakhmawati Koordinator Program Siklus Indonesia dengan penuh semangat menambahkan “Tagline SIKAT TB adalah TAMAN MARTANI GOES TO INDONESIA, TB MASALAH BERSAMA DAN DISELESAIKAN BERSAMA, DARI MASYARAKAT, OLEH MASYARAKAT, UNTUK MASYARAKAT!”

 

Narahubung:

Rakhma [Siklus Indonesia – 08157947208] – Primarendra [Sinergi Sehat Indonesia – 081568413113]

Bagikan Artikel

Cermati Juga