Skip to content

Kegiatan Mantoux Massal Implementing Unit TBC Kulon Progo bersama Puskesmas Wates dan Puskesmas Sentolo 2 menandai Puncak Rangkaian Hari TBC Sedunia 2023

WhatsApp Image 2023-05-31 at 08.44.01 (3)

Wates, 30 Mei 2023 – Implementing Unit [IU] TBC Kulon Progo bekerjasama dengan Puskesmas Wates dan Puskesmas Sentolo 2 dan didukung penuh oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo melaksanakan kegiatan Sosialisasi, Edukasi dan Mantoux Massal.

 

Tema TB Day Tahun 2023 yang diangkat oleh PR Komunitas adalah “Menuju Tujuh (7) Tahun Target Eliminasi TBC: TPT yang aman untuk menjaga keluarga tetap sehat” dan IU TBC Kulon Progo mengangkat tema “Ayo Bersama Akhiri TBC, Indonesia Bisa! Terapi Pencegahan Tuberkulosis untuk mendukung Eliminasi TBC 2030”

Kegiatan ini sebagai puncak Rangkaian Hari TBC Sedunia 2023 yang dilaksanakan dua hari yaitu Senin, 29 Mei 2023 di Puskesmas Wates dan Selasa, 30 Mei 2023 di Puskesmas Sentolo 2. Peserta kegiatan adalah Tim IU Kulon Progo, kader TBC, kader desa dan kontak serumah pasien TBC yang dalam kondisi sehat dan tidak menunjukan gejala TBC.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai upaya penyebarluasan informasi TBC kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta kepedulian terkait dengan peran penemuan kasus dan diagnosis, pencegahan melalui pemberian Terapi Pencegahan TBC (TPT) pada kontak serumah pasien TBC, akses perawatan hingga pengobatan TBC yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Fathariza Ma’ruf selaku Program Officer IU TBC Kulon Progo menyampaikan “Sosialisasi dan edukasi tentang TBC dan TPT melibatkan peserta dari kader desa dan kontak serumah pasien diikuti 105 orang yang hadir dan 51 orang yang di tes Mantoux termasuk diantaranya adalah anak-anak.”

Ria Ayu Septiana, AMd.Kep selaku Programer TBC Puskesmas Wates menambahkan “untuk balita kontak serumah yang sehat dan tanpa gejala tidak di Mantoux tetapi langsung diberikan obat TPT”.

Harapannya kedepan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk mendukung upaya peningkatan cakupan pemberian TPT untuk kontak serumah di Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendukung Eliminasi TBC 2030.

 

Bagikan Artikel

Cermati Juga