Skip to content

Hari Tuberkulosis Sedunia 2023: Momentum Peningkatan Literasi Masyarakat terhadap Tuberkulosis

IMG_0070

Minggu, 21 Mei 2023, Tim Komunitas Konsorsium Penabulu – STPI yang diwakili oleh PR, SR, SSR dan tentunya Kader Komunitas dari beberapa sudut penjuru DKI Jakarta, Banten (Tangerang dan Tangerang Selatan), Jawa Barat (Bekasi dan Depok) berkumpul bersama di Bundaran HI untuk melakukan kampanye TOSS TBC, BOSS! “Temukan, Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis, Bersama Kolaborasi Komunitas! dalam rangka peringatan Hari Tuberkulosis Seduania (HTBS) pada sekitaran Jalanan Sudirman – Thamrin. Terdapat kurang lebih 200 orang yang dibagi ke dalam 10 kelompok kampanye untuk memberikan edukasi dan pemahaman pengetahuan yang komprehensif tentang TBC dan TPT. Selain juga proses edukasi organik kepada masyarakat yang berkegiatan di sekitaran Sudirman – Thamrin dilakukan secara langsung, kegiatan kampanye ini juga terintegrasi secara paralel ke dalam akun-akun media sosial konsorsium komunitas dan gimmick Game Tuberculosis Warrior by Johnson and Johnson.

Tim mobilisasi sosial foto bersama dengan pengunjung Car Free Day, Jakarta

Kegiatan #HTBSdiCFD memberikan dampak signifikan terhadap engagement media sosial terutama untuk Instagram/IG @tbc.komunitas. Penuansaan kampanye #HTBSdiCFD melalui media sosial berhasil meningkatkan traffic IG pada hari itu dengan total akun users IG yang menjangkau @tbc.komunitas sebanyak 1.026 (meningkat 123%) dan jumlah 141 (meningkat 1.075%) untuk akun users yang berinteraksi dengan IG @tbc.komunitas. Hal lain dapat terlihat dari penambahan pengikut (followers) IG @tbc.komunitas dengan total tambahan 124 users yang kebanyakan berada pada usia produktif yaitu 25-34 tahun. Selain dilihat dari jangkauan dan penambahan pengikut, kenaikan engagement juga muncul pada hasil infografis aktivitas profil IG. Sebanyak 5 akun mengunjungi IG @tbc.komunitas melalui tautan eksternal dan 404 akun mengunjungi melalui platform IG yang notabene semua pengikut berasal dari Jakarta. Hasil traffic kenaikan engagement kampanye #HTBSdiCFD tentunya dapat menjadi referensi yang kuat untuk pengembangan konsep kampanye mendatang baik dari segi konten, sasaran konten, dan implementasinya agar menunjukkan grafik peningkatan yang baik di kemudian hari.

Tim mobilisasi sosial mengajak pengunjung Car Free Day bermain game TB Warrior untuk mendapatkan merchandise menarik

Berikutnya dari segi kunjungan website, terdapat 203 pengakses dan total 218 jumlah kunjungan pada hari tersebut. Hal ini merupakan sebuah keuntungan dan sesuai dengan tujuan kegiatan kampanye TOSS TBC, BOSS!, mengingat masih kurangnya pemahaman masyarakat terkait dengan TBC dan PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI itu sendiri. Sementara, untuk akses dalam permainan TBC Warrior, beberapa catatan yang berhasil terekam antara lain: terdapat 111 users yang mengakses game TBC Warrior yang merupakan salah satu gimmick kampanye TOSS TBC, BOSS!. Dengan rata-rata 5x dari 111 users mengakses game TB Warrior pada pagi hari itu. Serta diperkirakan jumlah screening time rata-rata yang dihasilkan, mencapai hampir 1 menit, atau 47 detik.

Seluruh peserta berkumpul bersama untuk persiapan mobilisasi sosial

Bagikan Artikel

Cermati Juga