Skip to content

Kasus TBC Masih Tinggi di Sidrap, Koordinasi Harus Terus Dikuatkan

WhatsApp Image 2023-02-21 at 16.14.51
Suasana pertemuan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Kader TBC Komunitas Kabupaten Sidrap

SIDRAP, SULAWESI SELATAN- Upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan program TBC Komunitas dilakukan SSR Yamali TB Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) dengan menggelar pertemuan bersama para pemangku kepentingan TBC yang terdiri atas Dinas Kesehatan, Petugas TBC Puskesmas dan puluhan Kader TBC Komunitas. Pertemuan ini dilakukan di Kampus Institute Kesehatan Muhammadiyah (Itkes) Sidrap, Selasa, 21 Februari 2023.

Koordinator Program SSR Kabupaten Sidrap, Salfiah menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk membangun koordinasi progres capaian dan rencana kerja bersama serta memastikan bahwa hubungan kita komunitas dan pemangku kebijakan dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Puskesmas tetap berjalan baik serta berbagi peran dalam menyukseskan penanggulangan TBC.

Suasana pertemuan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Kader TBC Komunitas Kabupaten Sidrap

“Rapat ini sebagai action dari hasil rakorwil Yamali TB Sulsel di Makassar pada pekan lalu, di Sidrap persoalan TBC ini belum selesai dan masih banyak pekerjaan. Tahun 2023 ini saja dari sisi komunitas kita ditarget agar dapat menemukan 439 kasus baru, melakukan investigasi kontak kepada 430 indeks kasus 2022, serta melakukan pencegahan TBC dengan mendorong pemberian TPT kepada balita dan anak usia 0-14 tahun,” tuturnya.

Salfiah menambahkan, ada berbagai upaya telah ia susun untuk dilaksanakan guna mencapai target-target yang diberikan dan sebagai bagian dari jalan perwujudan elimainasi TBC 2030. Tiga strategi di antaranya yang ia sebutkan adalah perluasan wilayah program baik di puskesmas maupun rumah sakit, penguatan kapasitas kader dan tim SSR, serta pelibatan lintas sektor.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Sidrap yang diwakili Supriyadi, M.Kes, selaku Wasor TB menyampaikan harapannya agar koordinasi dengan puskemas untuk selalu dikuatkan. Ia juga menekankan agar peran komunitas dapat terus diperluas di Sidrap termasuk dalam hal pendampingan pasien TBC RO.


Penulis: Kasri Riswadi (PMELC Yamali TB Sulsel)

Editor: Winda Eka Pahla

Bagikan Artikel

Cermati Juga