Skip to content

Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara dilibatkan dalam Screening School To School

WhatsApp Image 2022-11-03 at 13.53.39
Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara melakukan edukasi tuberkulosis

Banjarnegara- Sehat merupakan keadaan sejahtera secara fisik, jiwa dan sosial. Dewasa ini, usia anak dan remaja sering digaungkan sebagai kelompok masyarakat yang hampir selalu dalam keadaan sehat. Kesehatan anak dan remaja merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Penjaringan Kesehatan anak sekolah (skrinning) merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang memiliki tujuan untuk deteksi dini masalah kesehatan siswa.

Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara membantu pemeriksaan kebersihan perorangan dan skrinning tuberkulosis

Pada 25-28 Oktober 2022, Puskesmas Banjarnegara I dan Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara melakukan kegiatan Screening School To School. Kegiatan Screening School To School dilaksanakan di MAN 2 Banjarnegara, SMP Muhammadiyah Banjarnegara, MTSN 1 Banjarnegara dan TK Aisyah Karangtengah Banjarnegara. Kegiatan terdiri atas pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit, kuku), pemeriksaan status gizi, pemeriksaan ketajaman indera, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta skrining tuberkulosis.

“Skrining tuberkulosis perlu dilakukan karena sekolah dan pondok pesantren merupakan tempat dengan populasi yang cukup banyak. Dan dari kegiatan yang dilakukan selama 4 (empat) hari tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 92 suspek,” jelas Bu Yayuk (salah satu Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara).

Hebatnya, sebelum- sebelumnya Puskesmas Banjarnegara I dan Kader SSR MSI Kab. Banjarnegara juga aktif melakukan skrinning tuberkulosis di masyarakat secara door to door, pondok pesantren, prolanis dan populasi khusus lainnya. Harapannya kegiatan yang telah dilaksanakan memberi manfaat, meningkatkan derajat kesehatan siswa, yang sakit segera ditemukan dan melakukan pengobatan sebagai mana mestinya. Kalo bukan kita bersama yang menjaga siapa lagi? Salam sehat.


Penulis : Saroh, S. Kep

Editor : Winda Eka Pahla (Communication Staff)

Bagikan Artikel

Cermati Juga