Skip to content

Tidak Hanya Bocah Petualang, Kader TBC Petualang juga Ada lho

IMG-20221028-WA0020
Ibu Salimah melakukan kegiatan Investigasi Kontak ke daerah terpencil di Banjarnegara

Banjarnegara- Kita biasa menyaksikan program petualang di stasiun televisi. Namun ternyata, Kader Komunitas SSR Mentari Sehat Indonesia Kab. Banjarnegara salah satunya Ibu Salimah juga berpetualang lho. Berpetualang desa demi desa, pelosok demi pelosok untuk melakukan investigasi kontak. Kegiatan tersebut tak lain dan tak bukan sebagai bentuk menyukseskan program pemerintah yang digalakan Menteri Kesehatan Indonesia, yang mana Menteri Kesehatan kita yaitu Bapak Budi G. Sadikin menargetkan 90% kasus TBC terdeteksi pada tahun 2024 pada pertemuan Global Fund Replenishment Conference Ke 7 di New York, Amerika Serikat pada September 2022 lalu.

Jalan tanah dan basah yang harus dilalui Ibu Salimah saat melakukan Investigasi Kontak

Selasa, 25 Oktober 2022, Ibu Salimah melakukan investigasi kontak di salah satu dukuh di Kecamatan Punggelan. Lokasi indeks kasus sungguh sangat menarik dengan akses jalan tanah serta beberapa bagian yang hanya ber-plesteran semen. Musim penghujan juga menjadi kombinasi yang mengesankan dalam kegiatan investigasi kontak karena dapat dibayangkan bukan ketika jalan tanah diguyur hujan.

Selain berguna untuk meluruskan pemahaman masyarakat terkait mitos tuberkulosis, bagi Ibu Salimah, melakukan kegiatan investigasi kontak ketika yang sakit ditemukan dan melakukan pengobatan adalah bentuk kepuasan batin tersendiri karena dapat memperluas silaturahmi dan menambah saudara dengan masyarakat. Beliau berharap semoga masyarakat senantiasa dapat diajak kerjasama serta semakin banyak masyarakat yang sakit tuberkulosis ditemukan.

Dedikasi dan loyalitas dalam melakukan Investigasi Kontak pun di jalani Ibu Salimah dengan penuh rasa ikhlas. Akses jalan yang sulit terlebih di musim penghujan tidak menyurutkan semangat beliau untuk mencapai para pasien TBC yang membutuhkannya. Bahkan selama tahun 2022 ini, beliau telah membantu 15 pasien memulai pengobatan TBC dan 5 balita memulai Terapi Pencegahan Tuberkulosis di wilayahnya. Semoga, hal-hal baik yang di lakukan Ibu Salimah dapat menjadi percontohan bagi kita semua bahwa sesulit apapun rintangan yang dihadapi, jika kita memiliki niat tulus ikhlas membantu sesama, maka semua akan terasa mudah.


Penulis: Saroh, S. Kep

Editor: Winda Eka Pahla (Communication Staff)

Bagikan Artikel

Cermati Juga