Skip to content

Beburu Kasus TBC Baru, Yamali TB Latih dan Gerakkan Volunteer dari Kalangan Milenial

WhatsApp Image 2022-06-13 at 18.10.19
Seorang Volunteer TB sedang menyuluh kepada puluhan pelajar di salah satu sekolah di Makassar

MAKASSAR– Yamali TB Sulsel terus bergerak menggalang dukungan masyarakat dalam penemuan dan pendampingan kasus Tuberkulosis (TBC). Upaya tersebut terus dilakukan untuk dapat menekan angka kasus TBC di Sulawesi Selatan khususnya di kota Makassar yang dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami kenaikan.

Terbaru, melalui Milenial Yamali TB mengadakan training singkat dan peningkatan kapasitas volunteer TB yang berasal dari kalangan muda. Kegiatan pelatihan sendiri digelar di sekretariat Yamali TB, Jl. Cemara No. 2, belum lama ini. Satu pekan terakhir para volunteer ini pun telah aktif melakukan kegiatan di sejumlah titik di kota Daeng, Makassar.

Milenial Yamali TB, Muh Fajar Pahrir menuturkan bahwa pengadaan volunteer menjadi bagian dari upaya penggalangan lebih banyak pihak untuk mewujudkan eliminasi TBC. “Kalau selama ini kita banyak aktif di masyarakat dan puskesmas melalui kader-kader dari kalangan ibu rumah tangga. Kita hendak juga mengajak kalangan muda-mudi untuk ambil bagian sebagai volunteer yang menyasar sebayanya serta mengawal kasus TB yang ada di sektor swasta melalui strategi Public Private Mix (PPM),” pungkasnya.

Sementara itu, Manager SR Yamali TB, Wahriyadi menjelaskan peran penting pemuda khususnya dari kalangan milenial untuk terlibat dalam program TBC atau minimal tahu tentang penyakit menular dan berbaya itu. Menurutnya, kasus TBC saat ini banyak menyerang usia produktif baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini disebabkan gabungan antara banyak hal. Ia menyebut anak muda saat ini kurang memperhatikan pola hidup sehat, banyak begadang, merokok, dan tidak memerhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

“Jadi kita tidak bisa lagi menggangap bahwa TBC itu penyakit orang tua, sebab ia bisa menular ke siapa saja tanpa pandang usia. Bisa saja kita terluar di tongkorongan atau di mana saja. Untuk itu sosialisasi untuk mengetahui gejala dan pencegahannya selalu sangat penting dilakukan,” tambahnya.

Yamali TB Sulsel sebagai pelaksana program TB Komunitas di Sulsel memang terus berupaya melakukan banyak cara dalam upaya penemuan kasus baru TBC di Sulsel, mengingat bahwa dari 31022 estimasi kasus TB di Sulsel, tercatat baru sebanyak 14808 kasus atau yang ternotifikasi yang jika dipersentasekan hanya 47,73%. Artinya, masih ada sekitar 53% yang tidak diketahui keberadaaanya di tengah ancaman penularan yang juga besar.

Bagikan Artikel

Cermati Juga

Mentari Sehat Indonesia Mengajak Para Petinggi Kabupaten Untuk Bersinergi Berantas TBC

komunitas mentari sehat indonesia kabupaten cilacap lakukan pertemuan CILACAP.INFO –
Selengkapnya »

Gandeng Pemkab Cilacap, Komunitas Mentari Sehat Inginkan Sinergitas Berantas TBC

HARMASNEWS – Komunitas Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Cilacap mengajak para pemangku kebijakan terutama Dinas
Selengkapnya »

Mangkir di Tembilahan, Pelacakan di Padang Pariaman

Padang Pariaman – Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO) adalah kondisi dimana
Selengkapnya »

Penabulu Bersama Mahasiswa UNIBA Adakan Sosialisasi Pencegahan Dan Pengendalian Penyebaran TBC Pada Masyarakat Sujung

Suasana sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyebaran TBC. (Foto dokumentasi ketua
Selengkapnya »

Ibu Juniwati, dari Kader Posyandu ke Kader TBC

Juniwati (50) memilih bergabung sebagai Kader Tuberkulosis sejak pertengahan tahun
Selengkapnya »

TB Campaign Day 2022 : Stop Stigma & Diskriminasi Terhadap Pasien TBC

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit infeksius yang diakibatkan oleh mycobacterium tuberculosis,
Selengkapnya »