Skip to content

Perdhaki TBC Kab. Sumba Barat Daya Bersama KAREKA Sumba Salurkan Paket Sembako kepada Pasien TBC

034701700_1649149012-IMG-20220405-WA0009

Liputan6.com, Jakarta – Tuberkulosis masih merupakan masalah kesehatan di dunia. Dibutuhkan kerja lintas sektor untuk bergerak bersama dalam mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030.

Dalam rangka memperingati HTBS (Hari Tuberkulosis Sedunia), SSR PERDHAKI Program TBC Kab. Sumba Barat Daya menggandeng Komunitas Relawan Kemanusiaan atau yang biasa disingkat dengan sebutan KAREKA SUMBA, adalah komunitas sosial berbasis kerja relawan yang berada di pulau sumba, tepatnya di Waitabula, Sumba Barat Daya – NTT.

Komunitas ini berfokus pada isu literasi, sosial, kesehatan dan Pendidikan. Sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial di pulau sumba dengan berkolaborasi dengan beberapa pihak, baik perorangan, kelompok, Lembaga dan perusahan. Komunitas ini berdiri sejak 14 oktober 2014.

Tema Hari TB Sedunia 2022 adalah “Invest to End TB. Save Lives” atau “Investasi untuk menghentikan TB. Menyelamatkan nyawa”. Tema ini memberikan pesan kepada kita untuk menginvestasikan sumber daya meningkatkan perjuangan melawan TB dan mencapai komitmen untuk mengakhiri TB yang dibuat oleh para pemimpin global.

Dengan semangat yang sama dan kerja kolaborasi KAREKA Sumba bersama SSR PERDHAKI Program TBC Kab. Sumba Barat Daya Menggalang Open Donasi selama bulan Maret 2022 dan terkumpul Dana sebesar Rp. 15.500.000,-. Dengan dana yang terkumpul ini dilakukan pengadaan Telur 130 Rak dan Beras 5 Kg sebanyak 130 Karung.

Telur dan beras ini menjadi paket yang didistribusikan ke 9 Puskesmas di Kabupaten Sumba Barat Daya Wilayah dampingan SSR PERDHAKI Program TBC Kab. Sumba Barat Daya dibantu oleh Pengelola TBC Masing-masing Puskesmas dan Kader TBC Perdhaki.

Paket ini dibagikan dalam dua hari yakni Rabu, 23 Maret 2022 kepada pasien di wilayah Puskesmas Waimangura, Weekombak, Tenggaba, Elopada dan Palla. Sedangkan pada Kamis, 24 Maret 2022 Paket disalurkan untuk pasien di wilayah Puskesmas Watukawula, Kori, Kawango Hari dan Bondo Kodi.

Ronald Asto Perwakilan dari SSR PERDHAKI Program TBC Kab. Sumba Barat Daya mengatakan: “Terima kasih kami untuk pihak Komunitas KAREKA Sumba yang sudah berkenan untuk berkolaborasi dan menggalang dana sehingga bisa terkumpul sejumlah Rp. 15.500.000,-. Dari dana tersebut yang digunakan untuk pengadaan sembako lalu disalurkan kepada pasien yang sedang menjalani pengobatan TBC. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing sudah mendukung kegiatan ini, terkhususnya para penyumbang donasi yang mendukung kegiatan ini.”

“Semoga kerja sama baik ini bisa terus dilanjutkan dan kerja kolaborasi ini sebagai wujud kepedulian bersama semua elemen  terhadap masalah  TBC di Kab. Sumba Barat Daya,” tambahnya.

Benya Manulena, Selaku Sekretaris komunitas KAREKA Sumba, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi karena bisa berkolaborasi dengan PERDHAKI.

“Harapan kami, paket ini bisa memberikan manfaat bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan, dan bisa membantu mereka dari segi gizi dan nutrisi. Semoga ke depan bisa terus kerja sama untuk Sumba yang lebih baik.”

Hal senada juga disampaikan oleh Yustina Dendo, Selaku Wasor TBC Kab. Sumba Barat Daya. “Kami berterima kasih atas kerja sama ini, paket ini sangat bermanfaat bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan TBC di wilayah dampingan Perdhaki TBC. Semoga kegiatan-kegiatan begini terus diadakan setiap tahun.”

Terpantau pendistribusian paket ini, dipimpin langsung oleh bung Irwan Api, Andrys Rina, Rafael, Rifal dan Ades.

Bagikan Artikel

Cermati Juga

Mentari Sehat Indonesia Mengajak Para Petinggi Kabupaten Untuk Bersinergi Berantas TBC

komunitas mentari sehat indonesia kabupaten cilacap lakukan pertemuan CILACAP.INFO –
Selengkapnya »

Gandeng Pemkab Cilacap, Komunitas Mentari Sehat Inginkan Sinergitas Berantas TBC

HARMASNEWS – Komunitas Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Cilacap mengajak para pemangku kebijakan terutama Dinas
Selengkapnya »

Mangkir di Tembilahan, Pelacakan di Padang Pariaman

Padang Pariaman – Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO) adalah kondisi dimana
Selengkapnya »

Penabulu Bersama Mahasiswa UNIBA Adakan Sosialisasi Pencegahan Dan Pengendalian Penyebaran TBC Pada Masyarakat Sujung

Suasana sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyebaran TBC. (Foto dokumentasi ketua
Selengkapnya »

Ibu Juniwati, dari Kader Posyandu ke Kader TBC

Juniwati (50) memilih bergabung sebagai Kader Tuberkulosis sejak pertengahan tahun
Selengkapnya »

TB Campaign Day 2022 : Stop Stigma & Diskriminasi Terhadap Pasien TBC

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit infeksius yang diakibatkan oleh mycobacterium tuberculosis,
Selengkapnya »