Skip to content

“Giat SSR PERDHAKI Sikka Bersama Organisasi Profesi di Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2022”

WhatsApp Image 2022-03-29 at 17.52.00

Sikka – Nusa Tenggara Timur. Peringatan Hari TB Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian TBC serta menempatkan TBC sebagai isu utama dalam semua sektor di berbagai elemen masyarakat. Selain itu, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai upaya penyebarluasan informasi TBC kepada masyarakat untuk meningkatkan dan mempertahankan pengetahuan serta kepedulian terkait dengan pencegahan penularan dan penanggulangan penyakit TBC yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Kemudian, sasaran peserta kegiatan dipilih kepada pihak yang mempunyai daya ungkit, sehingga diundang organisasi profesi yang bisa langsung membantu masalah TBC di kabupaten Sikka karena Organisasi Profesi punya andil dan dapat bekerja sama mulai dari penemuan sampai promosi ke pasien.

Kegiatan Hari TB Sedunia ini difasilitasi oleh SSR Perdhaki Sikka dengan menghadirkan Sekretaris Dinas, Kabid P2 dan Wasor dari Dinkeskab Sikka, 6 Organisasi Profesi : IDI, PPNI, IBI, Patelki, Persakmi, Persagi, Direktur Pusat Pelayanan Pastoral Keuskupan Maumere dan Yayasan Semangat FIlantropi Flores.

Kegiatan Hari TB Sedunia ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kabupaten Sikka yang membahas masalah TBC yang masih menjadi kasus kesehatan kompleks di Indonesia dengan data 2021 yang menunjukkan treatment coverage di Sikka masih rendah 41,75% dengan success rate 87,92%. Maka, diharapkan pertemuan hari TB Sedunia ini dapat bersama-sama berdiskusi untuk mencari strategi apa yang bisa dikembangkan oleh masing-masing Organisasi Profesi dalam penanggulangan TBC di Kabupaten Sikka.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kabid P2 dan Wasor TB yang menjelaskan tentang Kebijakan Program TB dan Situasi Terkini Program Penanggulangan TBC di Kabupaten Sikka serta Sosialisasi Perpres 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan TBCdi Indonesia.

 

Dan yang terakhir Paparan oleh Staf Program Perdhaki Sikka, Implementasi Program Eliminasi TBC SSR Perdhaki Sikka serta Rencana penggalangan dana bagi 89 indeks di 9 Puskesmas intervensi untuk pemberian PMT atau kebutuhan lain sesuai kondisi indeks.

Hasil dari pertemua ini telah menghasilkan beberapa rencana tindak lanjut yang akan dilakukan, kegiatan-kegiatan ini akan menjadi kolaborasi antara SSR PERDHAKI Sikka dan Sejumlah OP yang hadir dalam pertemuan ini.

Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan  adalah melakukan sosialisasi Peraturan Presiden No 67 tahun 2021 tentang Penanggulangan TBC ke Organisasi Profesi masing- masing.

Rencana Dukungan Kegiatan Masing-masing Organisasi profesi

  • IDI

Sosialisasi Tatalaksana TBC terbaru dan Terapi Pencegahan TB  untuk para dokter se kabuapeten Sikka melalui Webinar

  • IBI

Akan dilakukan  Sosialisasi Deteksi dini TB pada Ibu dan Anak di kegiatan pertemuan evaluasi organisasi IBI. Dan melakukan Sosialisasi  TB di kegiatan  gerakan sadar sehat dalam sapaan edukasi Ibu dan Anak setiap hari jumat

  • PERSAGI

Sosialisasi  TB dikalangan PERSAGI BULAN April 2022 jadwal nanti dikonfirmasi kembali sera Integrasi kegiatan PMT Pemulihan pada Anak -anak stunting  untuk screening TBC di rumah jabatan  Bupati  , dan koordinasi dengan puskesmas setempat.

  • PATELKI

Peningkatan kapasitas pemeriksaan mikroskopis TB dan  pemeriksaan TCM tahun ini.

  • PPNI

Sosialisasi TB edaran dirjen tentang perubahan alur diagnosis TB resistensi obat  dan ILT ( Infeksi Laten TB)ke DPK  ( 14 komisariat ), Integrasi program IMUNISASI BCG dengan Program TBC untuk tes  mantaux serta Berpartisipasi dalam Penggalangan Dana Untuk Pasien TB

  • Dukungan PUSPAS

Sosialisasi TB untuk para imam tanggal di Nelle

  • PERSAKMI

Mengintensifkan Kembali giat melakukan KIE Perubahan Prilaku Untuk Mendukung percepatan Eliminasi TB

  • Yayasan Filantropi Flores

Membantu penggalangan dana, pembagian sembako, sosialisasi di media sosial untuk program TB dengan berkolaborasi  dengan PERSAKMI  untuk KIE Perubahan Perilaku

Semoga semua rencana tindak lanjut ini dapat dilaksanakan dengan baik dan semaksimal mungkin sebagai bentuk dukungan dan bentuk partisipasi dalam program eliminasi TBC di Sikka.

 

 

Bagikan Artikel

Cermati Juga

Eliminasi TBC Di Provinsi Banten, SR Konsorsium Penabulu STPI Tanda Tangani Kesepakatan Bersama Dengan Dinas Kesehatan

Penabulu-STPI dan Dinas Kesehatan Banten melakukan Penandatanganan Kesepakatan Tangerangupdate.com (21/06/2022)
Selengkapnya »

Strategi Jemput Bola Temukan TBC : Kolaborasi Kader dan Puskesmas dalam Investigasi Kontak SR Jambi

Sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia hingga saat ini menduduki
Selengkapnya »

Di Balik Kisah Ibu Musdalifah, Pasien Suporter TBC RO yang Membaktikan Dirinya Untuk Membantu Pasien TBC Sembuh

Ibu Musdalifah merupakan salah satu dari patient  supporter (PS) untuk
Selengkapnya »

Perjuangan Ibu Siti Aminah dalam Mencari Suspek untuk Indonesia Bebas Tuberkulosis 2030

Siti Aminah, atau yang akrab dipanggil dengan nama Ibu Siti
Selengkapnya »

Matras TB Dorong Eliminasi TB di Bangka Belitung

  Bangka merupakan salah satu Kabupaten di Bangka Belitung yang
Selengkapnya »

Pengelolaan Shelter Sebagai Penguatan Eliminasi TBC di Lampung

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar
Selengkapnya »