Skip to content

Sinergitas Memberantas TB di Pinrang, Bupati Pimpin Langsung

WhatsApp Image 2022-03-22 at 05.28.32
Sinergitas Memberantas TB di Pinrang, Bupati Pimpin Langsung

PINRANG– Forum Stop TB Kabupaten Pinrang menggandeng SSR Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Kabupaten Pinrang dalam menyemarakkan hari Tuberkulosis se-dunia 24 Maret 2022. Sejumlah aksi bersama dilakukan sejak tanggal 23 Maret, seperti kunjungan rumah dengan pengantaran paket bantuan beras dan telur kepada pasien TBC, vaksinasi boster kader-kader TB di RS Siti Khadijah Aisyiyah, serta ditutup dengan talk show hari TB se-dunia dengan tema “Menjalin sinergitas memberantas TB di Bumi Lasinrang”, yang dihelat di Ruang Media Center Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pinrang.

Dalam pemaparannya, Bupati Pinrang, Irwan Hamid yang juga selaku Ketua Forum Stop TB Partnership Kabupaten Pinrang berharap angka kasus dan suspek penyakit Tuberkulosis (TB) di Kabupaten Pinrang dapat berkurang secara signifikan.

Bupati Irwan juga mengapresiasi peran para kader-kader TB yang selama ini secara sukarela melakukan tugas untuk mendeteksi para terduga TB yang ada di Kabupaten Pinrang.

“Saya mengapresiasi peran para kader, meskipun dengan insentif yang tidak seberapa, namun mereka tetap melaksanakan tugas secara maksimal. ZMereka para kader bersama petugas TB adalah pejuang tanpa pamrih dalam memberantas penayakit Tuberkulosis,” ungkap Bupati Irwan.

Sementara itu, Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg.Dyah Puspita Dewi,M.Kes mengungkapkan bahwa, Forum TB Partnership ini adalah salah satu bentuk support bagi Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam penurunan kasus-kasus TB di kabupaten Pinrang.

Pada tahun 2021, lanjut Dewi, sapaan akrabnya, tercatat 641 kasus TB di Kabupaten Pinrang, olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Pinrang senantiasa membutuhkan support semua pihak terutama forum Stop TB Partnership dalam upaya mengeleminasi penyakit TB ini.

Ketua Yamali TB kabupaten Pinrang, Nurhayati Haruna, menjelaskan bahwa kader-kader TB yang saat ini diorganisir oleh SSR Yamali TB Pinrang adalah kader-kader yang memang telah lama teruji dalam pengentasan TBC di Pinrang. “Sebagian besar kader-kader kita ini bahkan sudah aktif sejak tahun 2008 melalui TB Care Aisyiyah dan sejak 2021 tetap aktif melalui Yamali TB,” terangnya.

Peringatan rangkaian TB Day di kabupaten Pinrang ini hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Pinrang, Dinas Kesehatan, Yamali TB Pinrang, PKK Pinrang, Basnaz Pinrang, serta Paskas. Semuanya tergabung dalam forum Stop TB Partenership kabupaten Pinrang.

Bagikan Artikel

Cermati Juga

Mentari Sehat Indonesia Mengajak Para Petinggi Kabupaten Untuk Bersinergi Berantas TBC

komunitas mentari sehat indonesia kabupaten cilacap lakukan pertemuan CILACAP.INFO –
Selengkapnya »

Gandeng Pemkab Cilacap, Komunitas Mentari Sehat Inginkan Sinergitas Berantas TBC

HARMASNEWS – Komunitas Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Cilacap mengajak para pemangku kebijakan terutama Dinas
Selengkapnya »

Mangkir di Tembilahan, Pelacakan di Padang Pariaman

Padang Pariaman – Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO) adalah kondisi dimana
Selengkapnya »

Penabulu Bersama Mahasiswa UNIBA Adakan Sosialisasi Pencegahan Dan Pengendalian Penyebaran TBC Pada Masyarakat Sujung

Suasana sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyebaran TBC. (Foto dokumentasi ketua
Selengkapnya »

Ibu Juniwati, dari Kader Posyandu ke Kader TBC

Juniwati (50) memilih bergabung sebagai Kader Tuberkulosis sejak pertengahan tahun
Selengkapnya »

TB Campaign Day 2022 : Stop Stigma & Diskriminasi Terhadap Pasien TBC

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit infeksius yang diakibatkan oleh mycobacterium tuberculosis,
Selengkapnya »