Skip to content

Giat Kota Kupang Menuju Hari Tuberkulosis Sedunia 2022

WhatsApp Image 2022-03-23 at 12.04.01

Kupang – Nusa Tenggara Timur. Menuju Hari TB sedunia 24 Maret 2022, berbagai macam kegiatan dilakukan oleh komunitas sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap proses eliminasi TB di daerah masing-masing. Salah satunya di Kota Kupang, menuju Hari TB Sedunia Tahun 2022 dilaksanakan sebuah kegiatan penyuluhan sekaligus skrining di salah satu sekolah menengah atas di Kota Kupang. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pihak SMA Seminari St. Rafael Kupang, SR PERDHAKI TB/HIV NTT serta didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang dan dihadiri perwakilan 10 dari 11 Puskesmas yang ada di Kota Kupang sebagai pemateri penyuluhan sekaligus yang akan melakukan skrining terhadap peserta Penyuluhan.

“edukasi”

(Pemberian Materi Pengenalan TB oleh Petugas Puskesmas)

Di dalam materi yang disampaikan kepada para murid dan guru-guru yang menjadi peserta penyuluhan telah disampaikan informasi mengenai penyakit TB, hal ini bertujuan untuk memperluas pemahaman kalangan masyarakat mengenai Penyakit TB, apa saja penyebabnya, apa saja gejalanya , beserta hal – hal yang harus dilakukan ketika memiliki gejala TB.

Dengan adanya penyuluhan ini sebagai bentuk edukasi sekaligus kampanye yang mendukung program eliminasi TB khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Akhir dari penyuluhan ini dilakukan skrining TB kepada para peserta penyuluhan yakni Murid beserta Guru SMA Seminari St. Rafael Kupang. Dalam penyuluhan tersebut ditemukan beberapa suspek yang langsung diberikan pot dahak untuk dilakukan pengambilan sputum yang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan.

(Proses Skrining Dilakukan oleh salah satu petugas Puskesmas)

Semoga dengan adanya penyuluhan ini dapat meningkatkan wawasan masyarakat khususnya para  pemuda serta mau ikut pro aktif dalam menekan angka pertumbuhan kuman TB disekitar dengan cara segera memeriksakan diri apabila memiliki gejala.

 

Bagikan Artikel

Cermati Juga