Skip to content

Research Staff untuk Program Eliminasi TB – Konsorsium Komunitas Penabulu STPI

Latar Belakang

PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI adalah Principal Recipient (PR) Komunitas TBC, berdampingan dengan PR Kementerian Kesehatan dan Program Nasional Penanggulangan TBC yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML). Dalam kerja sama dengan para mitra, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI bertujuan mengakselerasi eliminasi TBC 2030 di 30 provinsi dan 190 kota/kabupaten yang meliputi: 1) Penemuan dan pendampingan pasien TBC sensitif obat, 2) Penemuan dan pendampingan pasien TBC resisten obat, 3) Penguatan sistem komunitas, dan 4) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi pasien dalam mengakses pelayanan TBC berkualitas sampai sembuh.

Untuk kebutuhan pengelolaan program sebagaimana disebutkan di atas, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI sedang membutuhkan staff untuk posisi Research Staff . Dibawah supervisi Knowledge Management Coordinator (KMC), Research Staff melalui keahliannya dapat merencanakan dan menerapkan riset-riset dalam mengelola pengetahuan Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI untuk mendukung tercapainya tujuan program.

Tugas & Tanggung Jawab Utama

  1. Mendukung KMC dalam mengindentifikasi prioritas strategi pengelolaan pengetahuan dan riset-riset untuk menangkap pembelajaran, mengembangkan inovasi, berbagi pengetahuan, dan menggunakannya secara efektif.
  2. Membantu KMC dalam mengelola data-data, yang dihasilkan oleh unit Data Management dan divisi lainnya, dan  perencanaan program periode berikutnya setiap semester.
  3. Membantu KMC dalam implemetasi,  supervisi dan monitoring  kegiatan terkait  pengelolaan pengetahuan dan penelitian.
  4. Mengembangkan desain, perencanaan, implementasi riset/kajian untuk mendukung program Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI  yang dilakukan 2-3 kali setiap tahunnya.
  5. Melakukan pengumpulan data-data sekunder untuk mendukung program Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI
  6. Memberikan bantuan teknis kepada staff PR dan SR dalam pengelolaan pengetahuan dan mengintepretasikan informasi program menjadi produk pengetahuan.
  7. Membantu KMC dalam mengembangkan rekomendasi dan mengkoordinasi kegiatan diseminasi hasil pengelolaan pengatahuan, riset dan/atau kajian kepada pihak internal dan/atau eksternal Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.
  8. Membangun jejaring dengan perkumpulan/kelompok/asosiasi peneliti dan menjelajahi kanal informasi pengetahuan berkaitan dengan isu kesehatan, sosial dan bidang lainnya yang mendukung kegiatan Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.
  9. Bertanggungjawab atas tugas–tugas lain dengan baik yang  diberikan oleh atasan langsung ataupun dari management Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Kualifikasi & Keahlian

  1. Memiliki latar belakang pendidikan diutamakan S2 dan minimal S1 dengan jurusan Kesehatan Masyarakat, Kesejahteran Sosial, Ilmu sosial, atau jurusan lain yang relevan.
  2. Memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dalam kegiatan penelitian, pengelolaan pengetahuan, atau program kesehatan masyarakat dan sosial khususnya TBC, atau isu lain yang relevan. Adanya publikasi penelitian dan/atau pengalaman terlibat dalam program Global Fund akan menjadi nilai tambah.
  3. Memiliki pengalaman bekerja dengan kelompok populasi kunci dan rentan di program TBC dan/atau program HIV/AIDS dan pemahaman kesetaraan gender, hak asasi manusia, perawatan kesehatan yang berpusat pada manusia, dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Memiliki pengalaman kerja dalam tim dan keteramplan interpersonal yang baik.
  5. Memiliki keterampilan dalam menangkap pembelajaran dan menuliskannya menjadi produk pengetahuan.
  6. Menguasai metode penelitian dan perangkat lunak analisis kuantitatif dan kualitatif, seperti SPSS, Stata, R, Nvivo, Atlas, dsb.
  7. Dapat menggunakan applikasi visualiasi data seperti google studio menjadi nilai tambah.
  8. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris yang baik dan benar secara lisan dan tulisan.
  9. Terampil menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel, Power Point, dsb.).

Durasi Waktu

Periode penugasan: Juli s/d Desember 2023

Kirimkan CV dan pernyataan minat ke email:

hr@penabulu-stpi.id dengan subject email: Research Staff

Batas Waktu : 19 Juni 2023 pukul 12.00 WIB

Bagikan Peluang

Peluang Lainnya