Skip to content

Konsultan Peneliti Riset Operasional Investigasi Kontak dan TPT PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI

Latar Belakang

Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI merupakan Principal Recipient (PR) untuk program eliminasi Tuberculosis (TBC) dengan dukungan dana Global Fund- Komponen TBC periode 2021 – 2023 mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan TBC melalui penemuan kasus secara aktif dan pendampingan pasien TBC oleh komunitas.

PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI adalah Principal Recipient (PR) Komunitas TBC, berdampingan dengan PR Kementerian Kesehatan dan Program Nasional Penanggulangan TBC yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML). Dalam kerja sama dengan para mitra, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI bertujuan mengakselerasi eliminasi TBC 2030 di 30 provinsi dan 190 kota/kabupaten dengan indikator utama sebagai berikut : 1) Notifikasi kasus rujukan komunitas, 2) Investigasi Kontak, 3) Rujukan Terapi Pencegahan TBC untuk Balita 4) Pendampingan orang dengan TBC Resisten Obat.

Sebagai upaya peningkatan kualitas penemuan kasus melalui investigasi kontak dan mendorong implementasi terapi pencegahan TBC (TPT), maka PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI akan melaksankan riset operasional Investigasi Kontak dan TPT. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada periode Feb – Juni 2023, sekaligus diseminasi hasil dari temuan riset operasionl ini pada seluruh pemangku kepentingan.

Dengan demikian PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI membutuhkan dukungan 3 orang Tenaga Ahli dalam proses riset operasional Investigasi Kontak dan TPT.

Tugas dan Tanggungjawab

Bertanggungjawab mendukung dalam proses riset operasional investigasi kontak dan TPT yang terdiri dari :

  1. Mengembangan protokol dan instrumen riset operasional
  2. Pengumpulan data, termasuk desk review, data kuantitatif dan kualitatif
  3. Menganalisis pengumpulan data
  4. Pembuatan laporan riset
  5. Terlibat aktif dalam kegiatan diseminasi riset operasional ini

Kualifikasi dan Keahlian

  1. Memiliki latar belakang pendidikan kesehatan/kedokteran dengan pengalaman dalam isu Program Tuberkulosis/Penyakit menular khususnya terkait dengan investigasi kontak dan TPT minimal 5 tahun
  2. Memiliki pengalaman dalam menyusun dan/atau mengembangkan riset operasional terkait dengan isu Program Tuberkulosis/Penyakit menular khususnya terkait dengan investigasi kontak dan TPT oleh relawan komunitas.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan berbahasa inggris yang efektif dan benar secara lisan dan tulisan

Durasi Waktu

Periode Penugasan: Maret – Juni 2023

Kirimkan CV dan pernyataan minat ke email:
hr@penabulu-stpi.id dengan subject email: Tenaga Ahli Riset Operasional IK dan TPT

Batas Waktu : 27 Februari 2023 pukul 17.00 WIB

Bagikan Peluang

Peluang Lainnya