Skip to content

Data Management Staff untuk Program Eliminasi TB – Konsorsium Komunitas Penabulu STPI

PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI adalah Principal Recipient (PR) Komunitas TBC, berdampingan dengan PR Kementerian Kesehatan dan Program Nasional Penanggulangan TBC yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML). Dalam kerja sama dengan para mitra, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI bertujuan mengakselerasi eliminasi TBC 2030 di 30 provinsi dan 190 kota/kabupaten yang meliputi: 1) Penemuan dan pendampingan pasien TBC sensitif obat, 2) Penemuan dan pendampingan pasien TBC resisten obat, 3) Penguatan sistem komunitas, dan 4) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi pasien dalam mengakses pelayanan TBC berkualitas sampai sembuh.  Untuk periode program tahun 2024-2026, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI akan bekerja di 190 Kabupaten Kota di tahun 2024 dan di 229 Kabupaten/Kota di tahun 2025-2026.

Dalam memenuhi mandatnya sebagai wadah Komunitas di Indonesia memerangi Tuberkulosis, PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI mencari seorang staf Pengelolaan Data (Data Management Staff). Staf akan berkontribusi melalui keahlian teknisnya untuk membuat laporan pertanggungjawaban mengenai data management program. Ruang lingkup pekerjaan mencakup: data Management (pengumpulan data, penyimpanan dan pengelolaan data, analisa data, pemanfaatan data, pelaporan data capaian program). Staf akan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan kepada Monitoring & Evaluation Manager serta berkoordinasi dengan tim M&E dan Program PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Kebutuhan Posisi

  • Job Position: Data Management Staff
  • Direct Report: M&E Manager
  • Duration: 1 Years
  • Expected Start Date: 15 Desember 2024
  • Location: Jakarta
  • Working Hour: 40 hours/week
  • Status: Full Time Staff (LoE 100%)

Kualifikasi

  1. Pendidikan
    • Lulusan minimal S-1, dengan latar belakang pendidikan bidang Ilmu Statistik, Kesehatan Masyarakat, atau jurusan lain yang relevan.
  2. Pengalaman Bekerja:
    • Pengalaman yang relevan di organisasi non-pemerintah selama 1-2 tahun.
    • Memiliki pengalaman dalam pendataan temuan pasien TB pada program GF minimal 2 tahun, pengetahuan tentang form dan pelaporan TB pada program GF menjadi nilai lebih.
    • Pengalaman bekerja dengan kelompok populasi kunci dan rentan di program TBC dan/atau program HIV/AIDS.

Kompetensi Utama

  1. Manajemen Data
    • Kemampuan mengembangkan perangkat, panduan, dan alat bantu untuk pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data.
    • Keahlian dalam melakukan pemantauan, validasi, dan verifikasi data untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data.
    • Kompetensi dalam data quality audit untuk memastikan konsistensi dan kualitas data.
  2. Analisis dan Pelaporan
    • Mahir dalam mengolah, menganalisis, dan menyajikan data kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak statistik seperti EpiInfo, SPSS, atau STATA.
    • Kemampuan membuat laporan capaian program secara berkala berdasarkan data yang terintegrasi.
  3. Monitoring & Evaluasi
    • Kemampuan mendukung monitoring dan evaluasi melalui pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data yang tepat waktu.
    • Kompetensi memberikan penilaian kinerja berdasarkan pencapaian target kuantitatif program.
  4. Supervisi dan Bantuan Teknis
    • Kemampuan memberikan pelatihan, supervisi, dan bantuan teknis kepada SR/SSR terkait manajemen data, mulai dari pengumpulan hingga penyimpanan dan analisis.
    • Keahlian mengembangkan kapasitas tim melalui bimbingan teknis dan pelatihan berkelanjutan.
  5. Komunikasi dan Kolaborasi
    • Mahir berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan perbaikan kualitas data dan koordinasi pelaporan yang baik.
    • Mampu bekerja dalam tim untuk mencapai target program di tingkat daerah hingga nasional.

Kompetensi Pendukung

  1. Teknologi Informasi: Keterampilan tinggi dalam menggunakan aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint) untuk mendukung manajemen data dan presentasi.
  2. Pengetahuan Programatik: Pemahaman mendalam tentang form dan pelaporan TB pada program Global Fund serta pengalaman bekerja dengan kelompok populasi kunci dan rentan.
  3. Pemahaman Kontekstual: Menguasai prinsip kesetaraan gender, hak asasi manusia, pemberdayaan masyarakat, dan pendekatan kesehatan yang berpusat pada manusia.
  4. Fleksibilitas dan Mobilitas: Kesediaan bekerja dengan jadwal fleksibel dan melakukan perjalanan ke wilayah program sesuai kebutuhan.

Tanggung Jawab Utama 

  1. Pengembangan Sistem dan Alat Pengelolaan Data:
    • Mendukung Data & Information Analyst Staff dalam mengembangkan perangkat dan alat bantu untuk pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.
    • Membantu menyusun panduan teknis dan prosedur standar pengelolaan data.
  2. Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas:
    • Bersama Data & Information Analyst Staff, mengembangkan dan melaksanakan pelatihan manajemen data kepada Sub Recipient (SR), termasuk pengumpulan, pembersihan, penyimpanan, analisis, dan penyajian data.
    • Memberikan supervisi dan bantuan teknis kepada SR dan SSR terkait pelaporan data program.
  3. Pengumpulan, Pemantauan, dan Validasi Data
    • Memastikan ketepatan waktu dan keakuratan data yang dikirimkan oleh SR ke Principal Recipient (PR).
    • Melakukan pengecekan dan verifikasi data dari SR untuk memastikan kualitas dan konsistensi.
    • Melaksanakan audit kualitas data (Data Quality Audit) secara berkala.
  4. Kompilasi, Konsolidasi, dan Analisis Data
    • Mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data capaian program secara berjenjang dari tingkat daerah ke nasional.
    • Membuat laporan capaian program secara berkala sebagai bahan untuk Quality Assurance dan Quality Improvement (QAQI).
  5. Penilaian dan Evaluasi
    • Memberikan penilaian terhadap kinerja SR dari aspek pencapaian target kuantitatif program.
    • Memberikan penilaian terhadap kinerja SR dari aspek kualitas data program.
  6. Komunikasi dan Koordinasi
    • Berkomunikasi dengan SR untuk melakukan verifikasi dan perbaikan kualitas data.
    • Berkolaborasi dengan tim dan pemangku kepentingan untuk memastikan alur pelaporan dan pengelolaan data berjalan lancar.

Jika Anda memenuhi kriteria kualifikasi yang kami butuhkan dan berminat untuk melamar, silakan isi formulir berikut ini:

https://bit.ly/DMS-PBSTPI

Dalam surat lamaran, mohon lengkapi informasi yang diperlukan termasuk kontak pemberi referensi yaitu (1) dari atasan langsung dan satu (1) dari HR sebelumnya.

Batas Waktu : 10 Desember 2024 pukul 17.00 WIB

Tahapan

  • Peneriman Lamaran : 04 – 10 Desember 2024
  • Penyaringan Lamaran : 11 Desember 2024
  • Interview Kandidat : 12 – 13 Desember 2024
  • Reference Check : 16 – 17 Desember 2024
  • Pemberitahuan Kepada Staff Terpilih & Tidak Terpilih : 18 Desember 2024
  • Draft Kontrak : 18 Desember 2024
  • Penandatanganan Kontrak : 19 Desember 2024

Jadwal dapat diubah oleh Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI tanpa pemberitahuan kepada pelamar.
Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan dihubungi.

Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI berkomitmen untuk mencegah segala jenis perilaku yang tidak diinginkan di tempat kerja termasuk pelecehan seksual, eksploitasi dan penyalahgunaan, kurangnya integritas dan pelanggaran keuangan; dan berkomitmen untuk mempromosikan kesejahteraan anak-anak, remaja, orang dewasa, dan penerima manfaat yang bekerja sama dengan Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI mengharapkan semua staf dan sukarelawan untuk berbagi komitmen ini melalui kode etik. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI menempatkan prioritas tinggi untuk memastikan bahwa hanya mereka yang memiliki dan menunjukkan nilai-nilai diatas dapat bekerja bersama Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Semua tawaran pekerjaan yang ditawarkan oleh Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI akan didasarkan pada pemeriksaan/ penyaringan yang sesuai untuk catatan kriminal dan pemeriksaan keuangan terkait dengan terorisme. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI akan meminta informasi kepada pelamar kerja melalui tempat kerja sebelumnya tentang temuan-temuan kekerasan seksual dan pelecehan seksual selama bekerja atau insiden-insiden yang sedang diselidiki ketika pelamar meninggalkan pekerjaannya. Dengan mengirimkan lamaran, pelamar telah memahami prosedur rekruitmen dari Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI berkomitmen untuk memastikan keberagaman dan kesetaraan gender dalam organisasi dan mendorong pelamar dari berbagai latar belakang untuk melamar.

Syarat dan Ketentuan Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI:

  1. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI akan melakukan pemeriksaan latar belakang terhadap kandidat terpilih.
  2. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI hanya akan menghubungi kandidat yang terpilih.
  3. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI tidak bertanggung jawab atas informasi palsu yang diberikan oleh pelamar.
  4. Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI tidak memungut biaya apapun terkait proses rekrutmen.
  5. Harap diperhatikan bahwa pengajuan lowongan akan diperiksa oleh administrasi kami dan penerimaan pelamar akan ditentukan oleh syarat dan ketentuan Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.
  6. Seluruh informasi yang telah dihimpun harus dipenuhi tepat waktu sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.
  7. Kerahasiaan Data
    1. Pengumpulan Informasi: Informasi yang diberikan dalam lamaran kerja ini dikumpulkan hanya untuk tujuan mengevaluasi kesesuaian Anda untuk bekerja. Ini termasuk informasi pribadi dan profesional, seperti nama, detail kontak, riwayat pekerjaan, dan latar belakang pendidikan Anda. Informasi ini akan digunakan secara ketat untuk proses rekrutmen.
    2. Penggunaan Data: Informasi pribadi Anda akan digunakan secara eksklusif untuk menilai kualifikasi dan kecocokan potensial Anda dalam organisasi kami. Informasi ini dapat dibagikan dengan personel terkait yang terlibat dalam proses perekrutan, termasuk para anggota panitia seleksi dan manajer perekrutan.
    3. Keamanan Data: Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda dan telah menerapkan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi dari akses, pengungkapan, perubahan, atau penghancuran yang tidak sah.
    4. Penyimpanan Data: Data lamaran Anda akan disimpan untuk jangka waktu yang wajar, sebagaimana yang diperlukan untuk proses rekrutmen. Jika lamaran Anda tidak berhasil, data Anda akan dihapus dengan aman dalam jangka waktu yang wajar.
    5. Persetujuan Data: Dengan mengirimkan surat lamaran dan CV, Anda menyetujui pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi Anda seperti yang dijelaskan dalam disclaimer ini.
    6. Catatan: Kami tidak menjual, memperdagangkan, atau memindahkan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga. Namun, perlu diketahui bahwa kami mungkin diwajibkan secara hukum untuk mengungkapkan informasi kepada otoritas pemerintah atau pihak ketiga lainnya dalam keadaan tertentu. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penggunaan atau keamanan data Anda, atau jika Anda ingin memperbarui atau menghapus informasi Anda dari catatan kami, silakan hubungi HR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI.

Bagikan Peluang

Peluang Lainnya