Skip to content

Kader Ujung Tombak Investigasi Kontak Tuberkulosis

WhatsApp Image 2024-03-06 at 11.06.44
Koordinasi Komunitas Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh SSR MSI Kab. Banjarnegara

SSR MSI Kab. Banjarnegara melaksanakaan Koordinasi Komunitas Tingkat Kabupaten yang diadakan pada hari Senin hingga Rabu, tanggal 04-06 Maret 2024. Kegiatan Pelatihan Penyegaran Kader TBC Komunitas diikuti oleh 30 Kader Komunitas dengan rincian 26 orang Kader baru, 2 orang Kader tahun 2023 dan 2 orang Koordinator Kader.

Senin, 4 Maret 2024: Pelaksanaan hari pertama kegiatan

Hari pertama kegiatan diawali dengan melakukan pre-test. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Materi Informasi Dasar Tuberkulosis dan Analisa Situasi TBC di Kab. Banjarnegara yang disampaikan oleh Technical Officer Dinkes Kab. Banjarnegara, Pemberdayaan Masyarakat, dan Investigasi Kontak (IK) oleh Penyuluh Kesehatan Masyarakat Bidang Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kab. Banjarnegara, Community Outreach (CO) oleh Staff Program SSR MSI Kab. Banjarnegara serta Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) oleh Wasor TB Dinkes Kab. Banjarnegara. Setiap jeda antar materi diberikan ice breaking untuk ibu-ibu Kader agar terhindar dari rasa jenuh dan ngantuk akibat materi yang diberikan cukup banyak. Peserta berpartisipasi secara aktif selama sesi materi berlangsung. Kegiatan hari kedua ditutup dengan post-test dan pemberian apresiasi kepada peserta: Terajin, Teraktif dan Tertinggi Nilai Pre- Test.

Selasa, 5 Maret 2024: Pelaksanaan hari kedua kegiatan

Pada hari kedua kegiatan, pemberian materi terdiri atas Pengenalan Profil Mentari Sehat Indonesia dan Pendampingan Pasien TB RO sejak Terdiagnosa oleh Staff Program SSR MSI Kab. Banjarnegara. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Wasor TB Dinkes Kab. Banjarnegara Prosedur Pengambilan dan Pengemasan Dahak serta Komunikasi Efetktif, Pencatatan dan Pelaporan oleh SSR MSI Kab. Banjarnegara. Pada hari kedua kegiatan, peserta semakin aktif untuk melakukan diskusi di tiap sesinya.

Hal-hal yang menjadi rencana tindak lanjut dalam kegiatan ini meliputi:

  1. Setiap wilayah dengan Kader baru akan mendapatkan pendampingan investigasi kontak dan community outreach oleh Koordinator Kader masing- masing.
  2. Rabu, 06 Maret 2024 dilaksanakan kegiatan praktik lapangan investigasi kontak dan dan community outreach oleh Koordinator Kader dan Kader wilayah Pandanarum, Batur 1, Batur 2 dan Bawang 2.

Pada kesempatan tersebut, Staff Program SSR MSI Kab. Banjarnegara menekankan bahwa Kader merupakan ujung tombak investigasi kontak dan bahwa sesuai dengan Perpres No. 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis Kader memiliki peran dalam penemuan kasus TBC secara aktif melalui pelacakan dan pemeriksaan kasus kontak sehingga pemberian penghargaan berupa reward dari dana hibah Global Fund merupakan bonus, poin utamanya adalah ikhlas berpartisipasi aktif dalam program pemberdayaan masyarakat dan memberikan dampak atau manfaat untuk lingkungan masing- masing.

Semoga semangat kader dari awal pelatihan terjaga hingga pelaksanaan di lapangan, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam mengentaskan masalah tuberkulosis di masyarakat.

Mari TOSS TBC! Komunitas Sehat & Berdaya, Ayo Bersama Akhiri TBC!

Bagikan Artikel

Cermati Juga