Skip to content

Komunikasi yang Baik dan Totalitas adalah Kunci Keberhasilan Pendampingan Pasien TBC RO

IMG-20221206-WA0018-169x300

Banyuasin, 20 Desember 2022. Penyakit TBC merupakan penyakit yang tidak hanya menyerang fisik, namun penyakit ini juga dapat menyerang mental seseorang yang terkena. Terlebih untuk golongan pasien TBC RO (Resisten Obat) dengan lamanya durasi pengobatan, sehingga sangat di butuhkan sekali pendampingan oleh kader atau pasien suporter (PS) untuk selalu berkomunikasi secara efektif dengan pasien tersebut.

Kader pendamping sangat berpengaruh sekali terhadap kesembuhan pasien tersebut. Dengan adanya komunikasi yang baik, nyaman serta totalitas, kita tentunya dapat merasakan keadaan emosional pasien yang terkena penyakit ini.

Pendampingan pasien TB-MDR BPK. Aswani
Pendampingan pasien TBC RO oleh Bapak Aswani

Menurut Deka Sutrisna selaku Pasien Suporter (PS) Banyuasin, kunci keberhasilan dalam kesembuhan pasien TBC RO di wilayah Banyuasin yang utama adalah komunikasi yang baik dan totalitas antara PS dengan pasien tersebut. Cara memperlakukan pasien tersebut dengan sangat baik dan penuh kesabaran seolah-olah kita merasakan apa yang dirasakan oleh pasien tersebut akan membuat pasien merasa nyaman untuk menyampaikan apa yang mereka keluhkan.

Dengan begitu, komunikasi yang terjalin dengan baik kepada pasien akan memudahkan pengobatan hingga mereka dinyatakan sembuh. Kepercayaan pasien kepada Pasien Suporter juga meningkat dengan adanya pendekatan tersebut. Di kabupaten Banyuasin sendiri, proses tersebut sudah mulai di praktekan dan memang benar adanya bahwa pasien merasa terbantu dengan pelayanan yang totalitas oleh kader atau pasien suporter tersebut.

Dalam hal ini, Deka Sutrisna mempunyai strategi yang baik dalam pendampingan pasien TBC RO karena kesembuhan pasien adalah yang paling di prioritaskan untuk mencapai target 2030 Indonesia bebas TBC. Deka Surtrisna juga mengatakan bahwa pekerjaan ini adalah hal yang mendekatkan kita kepada hal yang baik. “Saya jadikan ini menjadi amal jariyah kita dengan ikhlas agar apa yang sudah kita lakukan untuk pendampingan kepada pasien tersebut bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Di akhir pembicaraan, ia juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu kita tanam dalam menjadi Pasien Suporter. “Kita lakukan dengan ikhlas dan totalitas, dan yang paling penting kita harus tetap bersemangat untuk menuntaskan eliminasi TB 2030. Pejuang tangguh kader TBC di Indonesia,” tutup beliau.


Penulis: Deka Sutrisna

Editor: Winda Eka Pahla

Bagikan Artikel

Cermati Juga

Dukung Eliminasi TBC 2030, SSR Sinergi Sehat Indonesia Bantul Ikut Terlibat dalam Penanggulangan TBC

Foto Bersama dalam Kegiatan Konfrensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Penanggulangan
Selengkapnya »

SSR Sinergi Sehat Indonesia Bersama Dinas Kesehatan dan Komisi D DPRD Sleman Melakukan Pernyataan Bersama Upaya Penanggulangan Tuberkulosis

Foto Bersama dalam Kegiatan Konferensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Penanggulangan
Selengkapnya »

Bersama Komunitas SSR PKBI Kota Yogyakarta, Mari Wujudukan Indonesia Eliminasi TBC 2030

Kegiatan Konferensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkulosis Tuberkulosis
Selengkapnya »

Peningkatan Penemuan Kasus TBC melalui Inovasi Gerakan Komunitas (JABAT TB, TEMAN TB DAN TB WARRIOR) di Sidoarjo

Proses eliminasi Tuberkulosis (TBC) merupakan hal yang membutuhkan komitmen tinggi.
Selengkapnya »

Mentari Sehat Indonesia Mengajak Para Petinggi Kabupaten Untuk Bersinergi Berantas TBC

komunitas mentari sehat indonesia kabupaten cilacap lakukan pertemuan CILACAP.INFO –
Selengkapnya »

Gandeng Pemkab Cilacap, Komunitas Mentari Sehat Inginkan Sinergitas Berantas TBC

HARMASNEWS – Komunitas Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Cilacap mengajak para pemangku kebijakan terutama Dinas
Selengkapnya »