Skip to content

PERDANA! Pasien TBC RO di RSUD Padang Pariaman dinyatakan SEMBUH

dandi22

 

RSUD Padang Pariaman adalah salah satu Rumah Sakit Programmatic Management of Drug resistance TB (RS PMDT) di Provinsi Sumatera Barat semenjak tanggal 1 April 2022. RS PMDT adalah RS rujukan untuk pasien TBC Resistan obat (RO). Saat Pertama dibuka, RSUD langsung menerima pasien terkonfirmasi TBC RO di wilayah Kabupaten Padang pariaman dan menjalani baseline selama 5 hari. Setelah itu berlanjut dengan menerima pasien pindahan dari RS Paru Sumatera Barat sebanyak 7 orang dengan alasan pemindahan sesuai dengan kartu BPJS yang dimiliki pasien, salah satunya pasien bernama Dandi.

Saat dipindahkan, Dandi sudah menyelesaikan fase intensif dalam pengobatannya yaitu 6 bulan pertama dengan lama pengobatan 11 bulan. Semenjak di RS Paru, Dandi sudah didampingi oleh Manajer Kasus (MK) RO dan Pasien Supporter (PS) dari SR Konsorsium Penabulu -STPI Sumatera Barat. Meskipun dipindahkan ke RSUD Padang Pariaman, Dandi tetap didampingi oleh SR Konsorsium Penabulu-STPI. Selain itu, Dandi yang berdomisili di Kecamatan Sungai Garinggiang tepatnya di Koto Bangko rutin dilakukan kunjungan rumah oleh PS, padahal jarak tempuh dari RS PMDT ke Rumah Dandi membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam.

Namun, hal tersebut tidak mengurangi semangat PS dalam mendampingi pasien hingga sembuh. Tepat pada tanggal 20 Oktober 2022, Dandi dinyatakan pengobatan lengkap dan sembuh oleh Dokter Paru di RSUD Padang Pariaman.  Kesembuhan Dandi tersebut, menjadi nilai kepuasan dan  kebanggaan untuk Tim Poli DOTS RSUD Padang Pariaman karena Dandi adalah pasien pertama yang dinyatakan sembuh selama RSUD menjadi RS PMDT dan mendapat sertifikat sembuh TBC RO.

Tidak hanya RSUD Padang Pariaman yang merasa puas dengan keberhasilan pengobatan Dandi tersebut, MK RO dan PS SR Konsorsium Penabulu -STPI Sumatera Barat juga merasa bangga bahwa dengan pendampingan pasien yang mereka lakukan mulai dari awal pengobatan, pindah RS PMDT, kunjungan rumah, kunjungan puskesmas dan sampai pasien dinyatakan sembuh merupakan nilai plus bahwa pendampingan psikososial yang dilakukan oleh TBC Komunitas efektif mendampingi pasien dalam pengobatan TBC RO karena semangat pendampingan merupakan semangat juga untuk kesembuhan pasien. TOSS TB!!! Temukan Obati Sampai Sembuh!


Penulis : Ayie (Manajer Kasus TBC RO Padang Pariaman)

Editor : Winda Eka Pahla Ayuningtyas (Communication Staff)

Bagikan Artikel

Cermati Juga